PENINGKATAN MUTU BAHAN AJAR ONLINE UNTUK GURU-GURU MI/MTS AL-WATONIYAH

Main Article Content

Aji Setiawan
Suzuki Syofian
Bagus Tri Mahardika
Herianto
Yahya

Abstract

Setiap Perguruan Tinggi diwajibkan melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Tridharma perguruan tinggi ini adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan per semester, hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian yang bergerak di bidang Pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi. Keterampilan komputer merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam berbagai pekerjaan khususnya dibidang multimedia. Bidang multimedia yang disampaikan pada pengabdian masyarakat ini antara lain: video editing dengan filmora, penggunaan whiteboard animation kontent kreatif, mengelola presentasi dengan power point, tools untuk pengajaran. Bidang keterampilan ini dibutuhkan untuk peningkatan kualitas bahan ajar online bagi guru-guru MI/MTs Al-Watoniyah. Adanya pelatihan multimedia ini diharapkan bertambahnya variasi  keterampilan untuk menyampaikan materi pengajaran kepada siswa-siswa MI/MTs Al-Watoniyah.

Article Details

How to Cite
Setiawan, A., Syofian, S., Tri Mahardika, B., Herianto, & Yahya. (2023). PENINGKATAN MUTU BAHAN AJAR ONLINE UNTUK GURU-GURU MI/MTS AL-WATONIYAH. JEPTIRA, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.70491/jep.v1i1.10
Section
Articles

References

S. Jiang, J. Shen, B. E. Smith, and K. W. Kibler, “Science identity development: how multimodal composition mediates student role-taking as scientist in a media-rich learning environment,” Educ. Technol. Res. Dev., vol. 68, no. 6, 2020, doi: 10.1007/s11423-020-09816-y.

F. Ismawan, R. Prasetya, and H. Setiawan, “Pemanfaatan Aplikasi Macromedia Flash Dan Aplikasi Office Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Animasi Guru HIMPAUDI Kecamatan Cilodong Depok,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 6, 2022, doi: 10.30998/jurnalpkm.v4i6.11064.

E. Hitches, S. Woodcock, and J. Ehrich, “Building self-efficacy without letting stress knock it down: Stress and academic self-efficacy of university students,” Int. J. Educ. Res. Open, vol. 3, 2022, doi: 10.1016/j.ijedro.2022.100124.

E. Swanzy-Impraim, J. E. Morris, G. W. Lummis, and A. Jones, “Creativity and initial teacher education: Reflections of secondary visual arts teachers in Ghana,” Soc. Sci. Humanit. Open, vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.1016/j.ssaho.2022.100385.

C. M. Schwenck and J. D. Pryor, “Student perspectives on camera usage to engage and connect in foundational education classes: It’s time to turn your cameras on,” Int. J. Educ. Res. Open, vol. 2, 2021, doi: 10.1016/j.ijedro.2021.100079.

A. Sulhan and L. Hakim, “Emancipating Islamic Education Management through Good-Quality Santri Character Cultures: Insights from Indonesia,” Eurasian J. Educ. Res., vol. 2023, no. 103, 2023, doi: 10.14689/ejer.2023.103.012.