PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN DENGAN PEMETAAAN RISET MENGGUNAKAN VOSVIEWER
Main Article Content
Abstract
Besarnya peluang menjadi peneliti di Indonesia harus diimbangi dengan pemahaman yang baik bagi para calon peneliti, maupun dosen. Pendidikan tinggi merupakan pusat pengembangan intelektual. Hal ini didukung oleh tiga dharma perguruan tinggi: pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu permasalahan penelitian di Indonesia adalah jumlah mahasiswa dan dosen yang tidak sebanding dengan jumlah publikasi yang diterbitkan. Hingga tahun 2019, Indonesia hanya menerbitkan 34.007 jurnal yang terindeks Scopus, dari 4.607 perguruan tinggi dan 177.000 dosen dan peneliti yang terdaftar dalam Indeks Sains dan Teknologi (Sinta). Salah satu penyebab rendahnya publikasi ilmiah para peneliti Indonesia adalah kurangnya pemahaman dan minat terhadap penelitian, khususnya di kalangan mahasiswa.Disamping itu pemahaman dosen tentang alat bantu untuk meneliti belum maksimal. Oleh karena itu diadakan kegiatan Pelatihan penggunaan VosViewer untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen. Kegiatan ini berjalan dengan lancar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Suntoro, "PEMETAAN BIBLIOMETRIK DENGAN VOSVIEWER TERHADAP PERKEMBANGAN PENELITIAN BIDANG MENULIS KARYA ILMIAH", J.Pustakaloka, vol 14 no.1, Juni 2022.
https://litbang.kemendagri.go.id/website/publikasi-hasil-penelitian-di-indonesia-masih-rendah/, diakses Desember 2021.
Mohammad R, Anik A, Isyanto, "PELATIHAN MAPPING RESEARCH WITH VOS VIEWER DEPENDING ON PUBLISH OR PERIS", J. Communnity Development Journal, vol.3, no.3, 2022.
Pisuko Herawati, Sawitri B.U, Nina Karlina,"ANALISIS BIBLIOMETRIK: PERKEMBANGAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI MENGENAI KOORDINASI PROGRAM MENGGUNAKAN VOSVIEWER", J.Pustaka Budaya, vol. 9 no 1, 2022, pISSN: 2355-1186 | eISSN: 2442-7799.
Fina N.Z, Yunus Winoto, Rohanda,"Pemetaan bibliometrik terhadap perkembangan penelitian dengan topik arsitektur informasi pada Google scholar menggunakan Vosviewer", J.Informatio, vol. 2(1), 2022, DOI: https://doi.org/10.24198/inf.v2i1.37766.