Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Pembelajaran kepada Majlis Taklim Anak Masjid Al Mujahidin Kebon Baru Tebet Jakarta Selatan

Main Article Content

Endang Ayu Susilawati
Nur Syamsiyah
Yahya
Eva Novianti
Eka Yuni Astuti
Mira Febriana Sesunan

Abstract

Pendidikan dapat dilakukan di berbagai tempat, baik di kelas maupun di rumah, seiring dengan berkembangnya metode pembelajaran jarak jauh. Teknologi digital menjadi sangat penting dalam mendukung program ini. Pengaruh media sosial dapat memperkuat interaksi sosial dan memberikan wawasan terkait kebutuhan penggunanya. Digitalisasi, sebagai bagian dari kemajuan teknologi informasi, membawa dampak positif dan negatif, khususnya bagi remaja. Oleh karena itu, para pelajar perlu mampu memilah aktivitas yang bermanfaat bagi pendidikan mereka. Guru dan pendidik memiliki peran penting dalam membimbing siswa agar transisi pembelajaran jarak jauh atau pengembangan kreativitas di kelas dapat dilakukan dengan efektif. Salah satu alat yang bisa digunakan adalah aplikasi Canva untuk Pendidikan, yang dapat membantu siswa menyelesaikan tugas dan mengembangkan kreativitas di kelas. Selain itu, Canva juga bisa dimanfaatkan untuk membuat konten bisnis dan mendukung penggunaan literasi digital secara etis.

Article Details

How to Cite
Ayu Susilawati, E., Syamsiyah, N., Yahya, Novianti, E., Astuti, E. Y., & Febriana Sesunan, M. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Pembelajaran kepada Majlis Taklim Anak Masjid Al Mujahidin Kebon Baru Tebet Jakarta Selatan. JEPTIRA, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.70491/jep.v2i1.20
Section
Articles

References

Nabila Farhana Jamaludin and Siti Farahin Sedek, “CANVA as a Digital Tool for Effective Student Learning Experience,” vol. 33, no. 1, pp. 22–33, Feb. 2024, doi: https://doi.org/10.37934/arca.33.1.2233.

Ilah Armilah, None Dedy Miswar, and Muhammad Mona Adha, “Utilization of CANVA as a Learning Media for Social Studies,” International Journal of Educational and Life Sciences, vol. 2, no. 4, pp. 283–291, Apr. 2024, doi: https://doi.org/10.59890/ijels.v2i4.1691.

F. Zulhandayani, K. S. Rezeki, and M. J. Lubis, “PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI BAGI KEPEMIMPINAN SEKOLAH,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 11, no. 2, p. 148, Jun. 2022, doi: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7066.

Hilyah Ashoumi, Tholib Hariono, Anshori Aris Widya, and Didin Sirojudin, “‘Canva Youth Movement’ Training to Increase Youth Creativity on Graphic Design,” ABDIMAS TALENTA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 8, no. 2, pp. 1256–1263, Dec. 2023, doi: https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v8i2.14137.