Branding Produk UMKM Studi Kasus UMKM OK OCE
Main Article Content
Abstract
Pandemi COVID-19 di Indonesia memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk pariwisata, perdagangan, industri, serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dampak langsungnya terlihat melalui Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran di berbagai perusahaan dan penutupan usaha yang menyebabkan banyak karyawan dirumahkan. Operasional UMKM menjadi terbatas dan terjadi penurunan jumlah konsumen yang berbelanja secara langsung dibandingkan dengan kondisi normal. Sekitar 39,9% UMKM mengalami penurunan yang signifikan sehingga memaksa mereka untuk mengurangi stok barang. Selain itu, 16,1% UMKM memilih mengurangi karyawan atau bahkan menutup usaha mereka. Untuk bertahan di tengah pandemi, pelaku UMKM harus memiliki keterampilan digital yang memadai. Melalui program pengabdian masyarakat yang diadakan oleh dosen dari Phoenix Education Centre Institution, UMKM binaan OK OCE diberi pendampingan terkait branding dan pemasaran produk secara efektif dan efisien. Program ini bertujuan agar pelaku UMKM mampu mengembangkan potensi mereka dan meningkatkan pendapatan melalui strategi digital marketing. Dengan demikian, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan hidup baik secara individu, keluarga, maupun komunitas pada umumnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Winda Suci Lestari Nasution and Patriot Nusa, “Optimalisasi Peran Digital Di Era Pandemi Covid 19 Dalam Menguatkan UMKM,” TRIDHARMADIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, vol. 2, no. 2, pp. 58–58, Dec. 2022, doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i2.832.
Albert, Fenteng. (2023). (1) Online Learning: A Cognitive Tool for Learning, an Alternative to Traditional Learning Style. Psychology, doi: 10.4236/psych.2023.145036
I. Gede and I Wayan Sukadana, “Optimalisasi Peran UMKM dalam Menstabilkan Perekonomian Masyarakat di Desa Singapadu Tengah Akibat Pandemi Covid-19,” JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), vol. 7, no. 2, pp. 215–215, Sep. 2023, doi: https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10078.
Adithya Balachandran & Dr. T. Mahalakshmi, “E-Learning,” International Journal of Advanced Research in Science Communication and Technology, pp. 132–137, Sep. 2023, doi: https://doi.org/10.48175/ijarsct-12924.
E. Bidari and Iwan Inrawan Wiratmadja, “Pengembangan Model Adopsi Teknologi pada UMKM Manufaktur Kota Kediri setelah Era Pandemi COVID-19,” Journal of Research in Industrial Engineering and Management, vol. 1, no. 2, pp. 12–20, Nov. 2023, doi: https://doi.org/10.61221/jriem.v1i2.15.